Senin, 12 November 2012

Power Point & Word DAUR HIDUP PRODUK (DHP)



 PRODUCT  LIFE  CYCLE  (PLC)
Setiap produk berjalan melalui sebuah daur hidup – lahir, pengenalan, tumbuh, dewasa, dan akhirnya penurunan/mati karena munculnya produk-produk muda yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen dengan lebih baik.
Daur Hidup Produk (DHP) bermula pada saat perusahaan menemukan dan mengembangkan sebuah gagasan  produk baru.   Selama masa pengembangan produk baru, biaya investasi bertambah.  Setelah perusahaan meluncurkan produk tersebut, penjualan melewati suatu masa pengenalan, kemudian melalui masa pertumbuhan yang kuat, disusul masa kedewasaan, dan akhirnya memasuki masa penurunan.  Sementara itu laba bergerak mulai dari negatif ke positif,  mencapai masa puncaknya selama kurun waktu antara masa pertumbuhan dan masa kedewasaan, kemudian menurun.
DHP  menghadapkan perusahaan pada dua tantangan besar :
Masalah pengembangan produk baru  :  setiap produk pasti menurun, perusahaan harus mengembangkan sebuah proses untuk menemukan produk baru menggantikan produk lama.
Masalah strategi daur hidup produk : perusahaan/pemasar harus  memahami perjalanan usia produknya, dan menyesuaikan strategi pemasarannya ketika melewati tahap-tahap DHP yang berbeda-beda.
Banyak perusahaan hanya memusatkan pada pengelolaan produk yang ada,  dan gagal mengembangkan produk baru demi masa depan perusahaannya. Perusahaan perlu mencari keseimbangan antara kedua ekstrim tersebut.
Alasan pengembangan produk baru :
Perubahan selera
Perkembangan teknologi
Ketatnya persaingan
Produk baru diperoleh melalui dua cara :
Aqusition :  membeli perusahaan, paten, lisensi untuk meproduksi produk yang semula dihasilkan orang lain.
New product development :  membentuk bagian riset dan pengembangan pada perusahaan sendiri.

Yang dimaksud dengan pengembangan produk baru (cara kedua) adalah produk asli, produk yang disempurnakan, produk yang dimodifikasi, dan produk dengan merk baru yang dikembangkan melalui upaya riset.

Hasil penelitian yang menunjukkan tentang tingkat kegagalan produk baru :
Barang-barang konsumsi  40 %
Produk industrial  20 %
Jasa  18 %
Penelitian lain yang dilakukan terhadap 700 orang konsumen menyimpulkan bahwa tingkat keberhasilan bagi produk-produk baru  hanya sebesar 65 %.
Mengapa banyak produk baru yang mengalami kegagalan ?
Kekurangan gagasan produk baru yang penting
Pasar yang terpecah-pecah
Mahalnya proses pemngembangan produk baru
Kekurangan modal
Pendeknya jangka waktu DHP

Langkah-langkah pengembangan produk baru :
Membangkitkan gagasan
Penyaringan
Pengembangan dan pengujian
Strategi pemasaran
Analisis bisnis
Pengembangan produk
Pengujian pasar
Komersialisasi.

Ada beberapa tipikal pola DHP :
Pola huruf “S”
Pola “daur berdaur”
Pola” berlekuk”

DHP :  Karakteristik & Tanggapan.
KARATERISTIK
Pengenalan
Pertumbuhan
Kedewasaan
Penurunan
Penjualan
Laba
Arus kas
Pelanggan
Pesaing
Rendah
Tak berarti
Negatif
Inovatif
Sedikit   
Tumbuh cepat
Puncak
Sedang
Pasar masal
Bertambah  
Tumbuh lambat
Menurun
Tinggi
Pasar masal
Banyak   
Merosot
Rendah/nol
Rendah
Kons. Kesiangan
Berkurang
TANGGAPAN




STRATEGIK

BIAYA PMSRAN
TTK BRT PMSRAN
DISTRIBUSI
HARGA
Memperluas pasar
Tinggi
Awarenes
Tak merata
Tinggi
Penetrasi pasar

Tinggi(menurun)
Preferensi merk
Intensif
Rendah
Mempertahan kan share
Merosot
Kesetiaan merk
Intensif
Terendah   
Produktivitas

Rendah
Selektif 
Selektif
Meningkat

Tidak ada komentar: