Senin, 12 November 2012

Manajemen Pemasaran PERENCANAAN STRATEGIS



Perusahaan yang membuat segala sesuatu terjadi
Perusahaan yang menyaksikan apa yang terjadi
Perusahaan yang bertanya-tanya apa yang sedang terjadi

 Apakah yang membuat perusahaan berhasil dengan baik?
Kita menemukan jawabannya terletak pada komitmen perusahaan dan seluruh karyawannya untuk membuat pelanggan puas.  Sekarang kita dapat menambahkan jawaban kedua, yaitu bahwa perusahaan yang berhasil adalah yang tahu bagaimana menyesuaikan diri dan bertindak terhadap perubahan yang terus menerus terjadi di pasar.

Perencanaan strategis adalah proses manajerial untuk mengembangkan dan menjaga keserasian antara tujuan perusahaan, sumber daya perusahaan dan peluang pasar yang terus berubah.  Tujuan renstra adalah untuk membentuk dan menyesuaikan usaha perusahaan  dan produk yang dihasilkan sehingga bisa mencapai keuntungan dan tingkat pertumbuhan yang memuaskan.

Ada tiga gagasan penting yang mendasri perencanaan  strategis  :
Portfolio investasi.
Potensi keuntungan dari masing-masing unit bisnisnya.
Menyusun strategi, perusahaan membuat rencana permainan (game plane)

   Korporasi besar terdiri dari empat  tingkat organisasi :
Tingkat korporasi.
Tingkat divisi.
Tingkat unit usaha.
Tingkat produk.

  PERENCANAAN  STRATEGIS KORPORASI
 1.  Mendefinisikan misi perusahaan.                           2.   Mengidentifikasi unit-unit usaha strategis             perusahaan.
   3.  Menganalisa dan mengevaluasi portfolio   bisnis yang    ada.
   4.  Mengidentifikasi arena bisnis baru untuk   dimasuki.
Misi perusahaan dibentuk oleh lima elemen :
Sejarah perusahaan.
Preferensi saat ini.
Lingkungan pasar.
Sumber daya organisasi.
Kemampuan persaingan berbeda.

Cakupan persaingan harus dipilih :
Cakupan industri
Cakupan pangsa pasar
Cakupan vertikal
Cakupan geografis

IDENTIFIKASI  UNIT  USAHA  STRATEGIS
BISNIS  :  PROSES  MEMUASKAN  PELANGGAN  atau  PROSES  MEMPRODUKSI  BARANG?
BANDINGKAN DEFINISI BISNIS DIBAWAH INI
  Peruasahaan                   Orientasi produk         Orientasi pasar  
  Revlon             kami membuat kosmetik                 Kami menjual harapan
  PT Pelni                            Kami mengoperasikan kapal               Kami memindahkan org & brng
  Pertamina             Kami menjual BBM                               Kami menyediakan energi
  Columbia Pictures           Kami membuat film                             Kami memasarkan  hiburan.
MENGEVALUASI  PORTFOLIO  BISNIS
Untuk  menetapkan  tujuan perencanaan strategis unit bisnis dan pembagian dananya.
Kantor puast atau korporasi memutuskan unit bisnis mana :
Dibangun
Dipertahankan
Dipanen
Dihapus.

Dua model  yang  sangat dikenal adalah
Boston Consulting  Group  (BCG)
General  Electric.

MENGIDENTIFIKASI  RENCANA   BISNIS  BARU
Proyeksi penjualan dan laba untuk 5 samapai  10 tahun kedepan.
Terdapat kesenjangan antara proyeksi penjualan dengan penjualan yang diinginkan oleh korporasi atau kantor pusat.

Penjualan yang diinginkan lebih besar dari proyeksi penjualan.

Untuk menutupi kesenjangan, korporasi harus mendapatkan  arena bisnis baru :

  Peluang pertumbuhan intensif
  Peluang pertumbuhan terpadu
  Peluang pertumbuhan diversifikasi
 

Pertumbuhan intensif :
Penetrasi pasar
Pengembangan pasar
Pengembangan produk
Pertumbuhan terpadu :
Integrasi kebelakang
Integrasi kedepan
Integrasi horizontal

Pertumbuhan diversifikasi :
Diversifikasi konsentris
Diversifikasi horizontal
Diversifikasi konglomerat

PROSES  PERENCANAAN STRATEGIS UNIT  USAHA :
MISI BISNIS
ANALISIS LINGKUNGAN EKSTERNAL
ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL
MERUMUSKAN SASARAN
MENETAPKAN STRATEGI
MENETAPKAN PROGRAM
IMPLEMENTASI
UMPAN BALIK DAN PENGENDALIAN

Tidak ada komentar: