Kamis, 06 September 2012

Abstrak


 Tugas terstruktur
            Rakyat indonesia pernah menjadi bangsa yang besar dan berkuasa dinusantara cukup lama. Sriwijaya selama 7 abad dan majapahit selama 3 abad,2 kerajaan tersebut pantas menjadi kebanggaan nasional, karena berkuasa penuh dan belum mengalami penjajahan sejak masuknya bangsa barat terutama belanda dengan voc nya. Pada awal abad 17 maka sejak itulah rakyat indonesia mulai masuk alam penjajahan. Bangsa indonesia kehilangan harga diri dan tak berkuasa sehingga mudah berpecah belah, namun rakyat indonesia terus berjuang secara lokal dan secara nasional akhirnya tercapailah kemerdakaan indonesia , 17 agustus 1945.
Tugas
1.      Dari abstrak tersebut tentukan indikator-indikator kekuatan yang memperlemah dan indikator-indikator kekuatan yang memperkuat, sehingga dapat terbebas dari cengkraman penjajah ?
2.      Jelaskan indikator-indikator tersebut sehingga rakyat indonesia dapat memproklamator kemerdekaannya ?
3.      Uraikan secara singkat manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari perjuangan melawan penjajah tersebut ?

Jawab
1.                  Indikator yang memperlemah
-          Rakyat indonesia terlena dengan kejayaan selama 10 abad yaitu pada massa kerajaan  sriwijaya dan majapahit.
-          Rakyat indonesia masih menonjolkan daerahnya dibandingkan bangsanya.
-          Perjuangannya masih bersifat kedaerahan.
-          Rasa persatuan dan kesatuannya belum tumbuh pada masyarakat .
-          Belum terbentuknya organisasi yang modern
Indikator yang memperkuat
-          Menjadi bangsa yang besar dan kuat di nusantara
-          Kebanggaan nusantara
-          Perjuangan secara lokal dan nasional
-          Adanya persatuan dan kesatuan
-          Banyaknya pemuda indonesia yang berpendidikan

2.      Indikator yang memperlemah
-          Rakyat indonesia terlena dengan kejayaannya selama 10 abad yaitu pada masa kerajaan  sriwijaya dan majapahit degan keadaan tersebut. Bangsa belanda dengan mudah masuk ke indonesia dan bangsa belanda yang awalnya hanya ingin berdagang, setelah mengetahui bahwa indonesia memiliki potensi yang sangat besar,mereka merubah politik mereka yaitu ingin menguasai bangsa indonesia secara perlahan-lahan dan tercapailah apa yg dia inginkan yaitu menjajah bangsa indonesia selama 3,5 abad.
-           Rakyat indonesia masih menonjolkan daerahnya dibandingkan bangsanya itu tercermin dengan adanya kerajaan-kerajaan. Dengan begitu masih adanya perselisihan antara kerajaan-kerajaan tersebut untuk menjadi penguasa. Dengan kata lain penjajah dapat memanfaatkan keadaan tersebut dan sehingga dengan mudahnya bangsa ini terjajah.
-          Perjuangannya masih bersifat kedaerahan. Dapat kita liat pada tahun 1915 – 1926. Bangsa ini masih menganut insularisme, yaitu persatuan dan kesatuan atas dasar kepulauan atau daerah. Sepereti bisa kita liat terbentuknya jong ambon, jong bataks bond dll.  
-          Rasa persatuan dan kesatuannya belum tumbuh pada masyarakat dan sehingga masih terpecah belah antara daerah yang satu dengan yang lain. Apabila belum ada rasa persatuan dan kesatuan mungkin bangsa ini masih terjajah oleh penjajah.
-          Belum terbentuknya organisasi yang modern. Dengan belum terbentuk organisasi modern, bangsa ini belum terstruktur dengan kata lain masih terpecah belah dan tidak mempunyai tujuan yang jelas.

Indikator yang memperkuat
-          Menjadi bangsa yang besar dan kuat di nusantara. Pada zaman kerjaan sriwijaya dan majapahit bangsa ini merupakan bangsa yang besar dan kuat. Dan sehingga sejarah ini bisa kita jadikan motivasi atau dorongan untuk memajukan bangsa ini. Hal ini sudah terbukti oleh para pemuda-pemuda bangsa berjuang keras melawan para penjajah untuk memerdekakan bangsa indonesia.
-          Bangsa ini pernah menjadi Kebanggaan nusantara. Yaitu pada zaman sriwijaya dan majapahit. Seharusnya dapat kita jadikan kiblat untuk meraih kemerdekaan bangsa ini. Dengan cara mengambil contoh bagaimana cara untuk menjadi kebanggan nasional.dan dapat kita aplikasikan bagaimana cara agar bangsa indonesia merdeka dan terbebas dari penjajah.
-          Perjuangan secara lokal dan nasional ini merupakan hal yang positif. Berawal dari perjuangan secara lokal dengan kata lain masih adanya rasa ingin memerdekakan bangsa ini, dan kemudian berkembang secara nasional.
-          Adanya persatuan dan kesatuan itu tercermin  terbentuknya pemuda indonesia pada tahun 1927 di bandung. Dan disitulah terjadi perubahan dari insularisme menjadi unitarisme. Unitarisme adalah perstuan dan kesatuan yang tidak membedakan sesuatupun/tidak memandang perbedaan, dan setelah itulah muncullah pergerakan nasional yang bertujuan agar bangsa indonesia merdeka.
-          Pada saat pergerakan nasional banyak pemuda-pemuda yang berpendidikan, dan sehingga banyak gagasan-gagasan positif yang bertujuan untuk memerdekakan bangsa indonesia dari para penjajah.  Atas gagasan tersebut sampailah bangsa ini merdeka dan memproklamirkan kemerdekaannya yaitu pada tanggal 17 agustus 1945 dengan dibacanya proklamasi oleh ir soekarno hatta.
3. Manfaat yang bisa ambil dari perjuangan melawan penjajah yaitu:
-  Rasa persatuan dan kesatuan harus terus tertanam dalam diri kita agar bangsa ini tetap kokoh dalam menghadapi ATHG (Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan )
- Rasa memiliki bangsa ini juga harus tertanam dan sehingga memiliki rasa peduli untuk menjaga, merawat dan mencintai bangsa ini.

“ Dengan persatuan dan kesatuan dari berbagai unsur,kita bisa mengusir penjajah dan  bangsa ini akan tetap kokoh dalam menghadapi ATHG ( Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan ) dari manapun, maka dari itu rasa persatuan dan kesatuan harus tetap terjaga “

Tidak ada komentar: