• ISI
RENCANA PEMASARAN
• Bagian Tujuan
•
•Rangkuman eksekutif Memuat ikhtisar singkat mengenai rencana untuk keperluan baca cepat maajemen
•Situasi pemasaran saat ini Memuat data latar belakang yang relevan mengenai pasar, produk, kompetisi, distribusi, danlingkungan makro.
•Analisa SWOT dan masalah Mengenali kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta masalah yang dihadapi produk.
•Tujuan Menjelaskan sasaran yang ingin dicapai dalam volume penjualan, pangsa pasar, dan keuntungan.
•Strategi pemasaran Memuat pendekatan pemasaran yang akan digunakan utnuk mencapai tujuan.
•Program tindakan Untuk menjawab : apa yang akan dilakukan? Siapa yang melakukan? Kapan dilakukan? Dan berapa biayanya?
•Perkiraan laba rugi Meramalkan hasil keuntungan yang diharapkan.
•Pengendalian Menunjukkan bagaimana rencana akan dikontrol.
•
Contoh rangkuman eksekutif
•Rencana pemasaran Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta (UTA
’45) tahun 2013/2014 adalah berusaha meningkatkan jumlah mahasiswa baru baik kelas reguler pagi maupun sore menjadi 600 orang, yang berarti ada peningkatan sebesar 400 % dari tahun sebelumnya. Sasaran penerimaan /pendapatan dari pembayaran mahasiswa adalah sebesar Rp 8 milyar setahun. Peningkatan/pertambahan ini dipekirakan dapat dicapai melalui sistim penentuan harga, promosi dan pendistribusian yang lebih luas serta kegiatan akademik yang lebih baik dan fasilitas laboratorium yang memadai. Anggaran pemasaran yang diperlukan kurang lebih sebesar Rp 800 juta, merupakan 10 % dari pendapatan.
•
•
SITUASI PEMASARAN SAAT INI
•Memuat
data tentang latar belakang pasar, produk, kompetisi, distribusi, dan lingkungan makro.
•
•
Situasi pasar
•Pasar sasaran, meliputi ukuran dan pertumbuhan pasar. Tunjukkan data beberapa tahun yang lalu, misalanya mengadakan survey untuk mengetahi jumlah lulusan SMU/SMK negeri dan swasta di wilayah Jakarta Utara (segmen geografis), dan jumlah siswa kelas III SMU/SMK negeri dan swasta.
•
•
Situasi produk
•Tunjukkan fakultas-fakultas di lingkungan UTA ’45 Jakarta, program studi/jurusan di tiap-tiap fakultas. Berapa jumlah mahasiswa di tiap-tiap fakultas dan program studi, berapa biaya perkuliahan yang harus dibayar oleh mahasiswa beberapa tahun yang lalu. Tunjukkan pula berapa biaya perkuliahan yang kompetitip tahun yang akan datang, sarana/prasarana berupa fasilitas perpustakaan, laboratorium dan pelayanan yang lebih baik.
•
•
Situasi distribusi
•Bagian ini memuat data tentang jumlah saluran distribusi, melalui konter pendaftaran, fakultas-fakultas, melalui dosen, karyawan dan mahasiswa atau tempat-tempat tertentu yang dipilh (mengikuti expo pendidikan) sebagai konter pendaftaran. Berapa jumlah formulir pendaftaran yang terjual pada tiap saluran, dan berapa jumlah pendaftar yang melakukan registrasi ulang sebagai mahasiswa UTA ’45 Jakarta.
•
•
Situasi persaingan.
•Disini pesaing-pesaing harus dikenali, berapa jumlah perguruan tinggi (D3, S1/S2) di Jakarta Utara. Kenali bagaimana strategi pesaing. Jelaskan dalam rencana pemasaran tentang ukuran, pangsa pasar, mutu produk, strategi pemasaran, dan sifat-sifat lain yang diperlukan untuk memahami maksud dan perilaku konsumen (calon mahasiswa).
•
•
Situasi lingkungan makro
•Bagian ini menjelaskan kecenderungan lingkungan makro secara luas – demografi, ekonomi, teknologi, politik, sosial budaya—yang berpengaruh pada masa depan UTA ’45 dan lini produknya.
•
•
ANALISIS SWOT.
•Pada bagian ini manajer perlu mengenali kekuatan dan kelemahan faktor-faktor internal seta mengenali peluang dan ancaman faktor-faktor eksternal. Hal-hal tersebut harus dicatat untuk dicarikan jalan keluarnya. Manajer harus mengurutkan peluang dan ancaman yang ada, sehingga yang lebih penting akan diperhatikan secara khusus. Intinya, organisasi harus membangun kekuatan semaksimal mungkin untuk mengeleminir kelemahan yang ada, sehingga mampu merespon dengan baik setiap peluang dan ancaman dari luar.
•
TUJUAN
•Bagian ini menjelaskan tentang sasaran yang ingin dicapai, misalnya menarik calon mahasiswa sebanyak 600 orang mahasiswa baru untuk seluruh fakultas dengan memperhatikan kapasitas masing-masing. Dilihat dari volume penjualan tersebut maka UTA ’45 Jakarta akn menerima pendapatan sebesar Rp 8 milyar setahun. Dilihat dari pangsa pasar misalnya Jakarta utara, UTA ’45 Jakarta hanya merekrut 20% sampai 25 % dari total lulusan SMU/SMK negeri/swasta di Jakarta Utara.
•
•
STRATEGI PEMASARAN
Pernyataan strategi
•Pasar sasaran Para siswa lulusan SMU/SMK negeri/swasta se Jakarta utara, akan diakses melalui sekolah-sekolah atau rumah- rumah mereka.
•Penempatan produk Penghasil tenaga terdidik
yang terpercaya.
•Organisasi penjualan Memperluas saluran dengan menambah tempat-tempat pendaftaran di luar kampus, pendaftaran melalui
internet pelayanan 24 jam.
•Pelayanan Tersedia dimana-mana dan pelayanan cepat.
•Harga Harga diatas pesaing
•Promosi Anggaran promosi
dinaikkan antara 20%
hingga 30%, merencanakan iklan di berbagai media,
berpartisipasi dalam expo pendidikan.
•
•
PROGRAM TINDAKAN
•Pernyataan strategi dan tujuan pemasaran merupakan satu kesatuan. Tiap elemen strategi pemasaran sekarang harus dipersiapkan untuk menjawab pertanyaan : Apa yang akan dilakukan?
Kapan akan dilakukan?
Siapa yang akan melakukan?
Berapa biayanya?
•
•PENGENDALIAN
•Bagian terakhir adalah pengendalian, yang akan diaplikasikan untuk mengawasi kemajuan rencana. Biasanya, sasaran dan anggaran dirinci tiap bulan, sehingga manajemen yang lebih tinggi dapat menganalisa hasil tiap periode. Manajer dari unit/fakultas yang kedodoran harus menjelaskan apa yang terjadi dan langkah apa yang harus diambil untuk memperbaiki pelaksanaan rencana.
• RENCANA PEMASARAN
• ISI
RENCANA PEMASARAN
• Bagian Tujuan
• Rangkuman
eksekutif Memuat ikhtisar singkat mengenai
rencana untuk keperluan baca cepat
maajemen
• Situasi
pemasaran saat ini Memuat data
latar belakang yang relevan mengenai pasar,
produk,
kompetisi, distribusi, danlingkungan
makro.
• Analisa SWOT dan masalah Mengenali kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta masalah
yang dihadapi produk.
• Tujuan
Menjelaskan sasaran yang ingin
dicapai dalam volume penjualan,
pangsa pasar, dan keuntungan.
• Strategi
pemasaran Memuat pendekatan pemasaran yang akan digunakan utnuk mencapai
tujuan.
• Program
tindakan Untuk
menjawab : apa yang akan dilakukan? Siapa yang melakukan?
Kapan dilakukan? Dan berapa biayanya?
• Perkiraan
laba rugi Meramalkan hasil keuntungan yang diharapkan.
• Pengendalian Menunjukkan bagaimana rencana akan dikontrol.
Contoh rangkuman eksekutif
• Rencana
pemasaran Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta (UTA ’45) tahun 2013/2014 adalah
berusaha meningkatkan jumlah mahasiswa baru
baik kelas reguler pagi maupun sore menjadi 600 orang,
yang berarti ada peningkatan sebesar 400 % dari tahun sebelumnya.
Sasaran penerimaan /pendapatan dari
pembayaran mahasiswa adalah sebesar Rp 8 milyar setahun.
Peningkatan/pertambahan ini dipekirakan dapat dicapai melalui sistim penentuan harga, promosi dan
pendistribusian yang lebih luas serta kegiatan akademik yang lebih baik dan
fasilitas laboratorium yang memadai.
Anggaran pemasaran yang diperlukan
kurang lebih sebesar Rp 800 juta,
merupakan 10 % dari pendapatan.
SITUASI PEMASARAN SAAT INI
• Memuat data tentang latar belakang pasar, produk, kompetisi, distribusi, dan
lingkungan makro.
Situasi pasar
• Pasar
sasaran, meliputi ukuran dan pertumbuhan pasar. Tunjukkan data beberapa tahun
yang lalu, misalanya mengadakan survey
untuk mengetahi jumlah lulusan SMU/SMK negeri dan swasta di wilayah Jakarta
Utara (segmen geografis), dan jumlah siswa kelas III SMU/SMK negeri dan swasta.
Situasi produk
• Tunjukkan
fakultas-fakultas di lingkungan UTA ’45 Jakarta, program studi/jurusan di
tiap-tiap fakultas. Berapa jumlah
mahasiswa di tiap-tiap fakultas dan program studi, berapa biaya perkuliahan yang harus dibayar
oleh mahasiswa beberapa tahun yang lalu.
Tunjukkan pula berapa biaya perkuliahan yang kompetitip tahun yang akan datang,
sarana/prasarana berupa fasilitas perpustakaan, laboratorium dan pelayanan yang
lebih baik.
Situasi distribusi
• Bagian
ini memuat data tentang jumlah saluran distribusi, melalui konter pendaftaran,
fakultas-fakultas, melalui dosen, karyawan dan mahasiswa atau tempat-tempat tertentu yang dipilh
(mengikuti expo pendidikan) sebagai konter pendaftaran. Berapa jumlah formulir pendaftaran yang
terjual pada tiap saluran, dan berapa jumlah pendaftar yang melakukan
registrasi ulang sebagai mahasiswa UTA ’45 Jakarta.
Situasi persaingan.
• Disini
pesaing-pesaing harus dikenali, berapa jumlah perguruan tinggi (D3, S1/S2) di
Jakarta Utara. Kenali bagaimana strategi pesaing. Jelaskan dalam rencana pemasaran tentang ukuran, pangsa pasar, mutu produk,
strategi pemasaran, dan sifat-sifat lain yang diperlukan untuk memahami maksud dan perilaku konsumen (calon
mahasiswa).
Situasi lingkungan
makro
• Bagian
ini menjelaskan kecenderungan lingkungan makro secara luas – demografi,
ekonomi, teknologi, politik, sosial budaya—yang berpengaruh pada masa depan UTA
’45 dan lini produknya.
ANALISIS SWOT.
• Pada
bagian ini manajer perlu mengenali kekuatan dan kelemahan faktor-faktor
internal seta mengenali peluang dan
ancaman faktor-faktor eksternal. Hal-hal tersebut harus dicatat untuk dicarikan
jalan keluarnya. Manajer harus mengurutkan peluang dan ancaman yang ada,
sehingga yang lebih penting akan diperhatikan secara khusus. Intinya, organisasi harus membangun kekuatan
semaksimal mungkin untuk mengeleminir kelemahan yang ada, sehingga mampu
merespon dengan baik setiap peluang dan ancaman dari luar.
TUJUAN
• Bagian
ini menjelaskan tentang sasaran yang ingin dicapai, misalnya menarik calon
mahasiswa sebanyak 600 orang mahasiswa baru untuk seluruh fakultas dengan
memperhatikan kapasitas masing-masing. Dilihat dari volume penjualan tersebut
maka UTA ’45 Jakarta akn menerima pendapatan sebesar Rp 8 milyar setahun.
Dilihat dari pangsa pasar misalnya Jakarta utara, UTA ’45 Jakarta hanya
merekrut 20% sampai 25 % dari total lulusan SMU/SMK negeri/swasta di Jakarta Utara.
STRATEGI
PEMASARAN
Pernyataan
strategi
• Pasar
sasaran Para
siswa lulusan SMU/SMK negeri/swasta se Jakarta utara, akan
diakses melalui sekolah-sekolah atau rumah – rumah mereka.
• Penempatan
produk Penghasil
tenaga terdidik yang terpercaya.
• Organisasi
penjualan Memperluas
saluran dengan menambah tempat-tempat
pendaftaran di luar kampus, pendaftaran melalui internet
pelayanan
24 jam.
• Pelayanan
Tersedia dimana-mana dan
pelayanan cepat.
• Harga
Harga diatas pesaing
• Promosi
Anggaran promosi dinaikkan antara 20% hingga
30%, merencanakan iklan di berbagai media, berpartisipasi dalam expo
pendidikan.
PROGRAM TINDAKAN
• Pernyataan
strategi dan tujuan pemasaran merupakan satu kesatuan. Tiap elemen strategi
pemasaran sekarang harus dipersiapkan untuk menjawab pertanyaan : Apa yang akan dilakukan? Kapan akan dilakukan? Siapa yang akan melakukan? Berapa biayanya?
• PENGENDALIAN
• Bagian
terakhir adalah pengendalian, yang akan diaplikasikan untuk mengawasi kemajuan rencana. Biasanya, sasaran dan
anggaran dirinci tiap bulan, sehingga manajemen yang lebih tinggi dapat
menganalisa hasil tiap periode. Manajer dari unit/fakultas yang kedodoran harus
menjelaskan apa yang terjadi dan langkah apa yang harus diambil untuk
memperbaiki pelaksanaan rencana.