Senin, 12 November 2012

Manajemen Pemasaran SISTIM INFORMASI PEMASARAN



Sistim informasi pemasaran (marketing information system) terdiri dari manusia, peralatan, dan prosedur untuk mengumpulkan, menyortir, menganalisa, mengevaluasi, dan mendistribusikan informasi yang dibutuhkan, tepat waktu dan akurat kepada pengambil keputusan pemasaran.
    SISITEM INFORMASI PEMASARAN TERDIRI DARI 4 SUB-SISTEM :
    -SUB-SISTEM  PENCATATAN  INTERNAL
    -SUB-SISTEM  INTELIJEN PEMASARAN                     -SUB-SISTEM PENELITIAN PEMASARAN
   - SUB-SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN     PEMASARAN     
SISTEM PENCATATAN INTERNAL :
Sisitem Pemesanan-Pengiriman-Penerimaan
Sistem Laporan Penjualan
Merancang sistem Pelaporan yang Berorientasi pada Pemakai.
SISITEM INTELIJEN PEMASARAN
Adalah kumpulan prosedur dan sumber daya yang digunakan oleh manajer utuk memperoleh informasi harian mengenai perkembangan yang tepat di lingkungan pemasaran.
    Manajer  memperhitungkan lingkungan pemasaran dalam empat cara :
Pengamatan tidak langsung
Pengamatan kondisi
Penelitian informal
Penelitian formal
     Kuantitas dan kualitas informasi dapat ditingkatkan melalui :
Mendidik dan memotivasi tenaga-tenaga penjual untuk menentukan dan melaporkan  perkembangan-perkembangan terbaru.
Memotivasi  para distributor, pengecer, pedagang perantara lainnya untuk menyampaikan informasi  intelejen  pemasaran.
Membeli informasi dari pemasok luar
Membuka pusat informasi pemasaran yang bersifat internal untuk mengumpulkan dan mengedarkan informasi intelijen.
SISTEM  PENELITIAN  PEMASARAN
Adalah perancangan, pengumpulan,  penganalisaan dan pelaporan data penemuan yang relevan dengan situasi  pemasaran yang spesifik yang dihadapi perusahaan  secara sistematik.
Pemasok penelitian :
Dari luar, perusahaan dapat mensponsori penelitian oleh mahasiswa, dosen pada perguruan  tinggi, atau jasa-jasa dari lembaga penelitian.
Dari dalam,  perusahaan memiliki departemen penelitian sendiri, biasanya perusahaan menganggarkan sekitar 2 % dari total penjualan.
Jangkauan penelitian :
Beberapa aktifitas penelitian pemesaran telah berkembang meliputi ,
Penentuan karakteristik pasar
Pengukuran potensi pasar
Analisa pangsa pasar
Analisa penjualan
Study kecenderungan bisnis
Peramalam jangka pendek
Study produk kompetitif
Peramalan jangka panjang
Pengujian produk.
PROSES PENELITIAN PEMASARAN
PENENTUAN MASALAH DAN TUJUAN PENELITIAN
MENGEMBANGKAN RENCANA PENELITIAN
MENGUMPULKAN INFORMASI
ANALISA INFORMASI
PENULISAN HASIL PENELITIAN.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMASARAN
Adalah sekumpulan alat-alat stastistik dan model keputusan  dengan dukungan tersedianya peralatan  perangkat keras dan perangkat lunak bagi  manajer pemasaran  untuk membantunya dalam menganalisa data dan membuat keputusan pemasaran yang lebih baik.

Tidak ada komentar: