Minggu, 06 Mei 2012

Sejarah SMK Negeri 4 Pandeglang

SMK Negeri 4 Pandeglang terletak di Jl. Raya Malingping Km. 7 Kecamatan Bojong Kabupaten Pandeglang,  merupakan SMK yang keberadaannya sangat strategis karena dekat dengan masyarakat  yang bermukim di pedesaan, dimana akomodasi maupun transportasi dapat dijangkau oleh masyarakat.
SMK Negeri 4 Pandeglang memiliki akreditasi “C” untuk kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknologi Otomotif. Didirikan di lahan Pemerintah Kabupaten Pandeglang bersama SMK Negeri 4 Pandeglang memiliki 22 rombongan belajar (rombel/kelas), dimana seluruh kegiatan belajar dilakukan pada pagi hari dan siang hari, sedangkan kegiatan ekstra kurikuler dilaksanakan pada hari sabtu sore dan hari minggu

1.1.   Sejarah  SMK Negeri 4 Pandeglang
Berdirinya SMKN 4 Pandeglang didasarkan atas kebijakan pemerintah, dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional meliputi Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, dalam rangka peningkatan layanan dan perluasan akses pendidikan dengan digulirkannya program SMK kecil di SMP dan Pondok Pesantren. Disamping itu didasarkan pula atas analisis potensi wilayah khususnya dikabupaten pandeglang.
Awal perintisnya dimulai tahun diklat 2004/2005, dengan membuka program keahlian Teknik Informatika (TI) yang selanjutnya diarahkan menjadi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), dan merupakan sekolah binaan dari SMKN 1 Pandeglang. Melalui keputusan Bupati Pandeglang nomor 16 tahun 2005 tanggal 2 agustus 2005, SMK kecil Bojong ditetapkan sebagai SMK Negeri 4 Pandeglang. Pada tahun diklat 2005/2006 dibuka program keahlian Teknik Mekanik Otomotif dan atas dukungan dari masyarakat Bojong, bangunan kantor menempati lokasi baru yang berjarak 100 meter dari lokasi lama kearah selatan, melalui bantuan direktorat SMK tahun 2005
Pada tahun diklat 2007/2008 atas dasar pengembangan potensi wilayah Banten selatan yang merupakan lokasi tambang dan potensi pertambangan secara nasional dibuka program keahlian Geologi Pertambangan. Pada tahun ini pula kepercayaan masyarakat mulai meningkat, hal ini terlihat dengan meningkatnya antusias lulusan SMP untuk masuk ke SMK N 4 Pandeglang (sekitar 120% dari tahun sebelumnya) dan melebihi daya tampung yang tersedia. diharapkan pada tahun 2010 SMK Negeri 4 Pandeglang menjadi SMK berstandar nasional dan lepas dari bayang-bayang SMK kecil.

  • Program Keahlian dan Struktur Sekolah
Pada tahun Diklat 2004/2005 SMK N 4 Pandeglang membina Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), pada Tahun Diklat 2005/2006 dibuka Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif (TMO), dan pada Tahun
Diklat 2007/2008 dibuka Program Keahlian Teknik Geologi Pertambangan (TGP). Adapun deskripsi masing-masing program keahlian adalah sebagai berikut :
    1.   Teknik Informatika & Komunikasi (Rekayasa Perangkat Lunak)
Lulusan program keahlian ini dibekali dengan kompetensi Operator, Programer Stand Alone, Multi User Programer, dan Web Programer Komputer. Sehingga dapat mengisi bidang pekerjaan Tenaga operator komputer di Perusahaan, Instansi dan Dunia Industri Perusahaan Bidang IT, Konsultan Bidang IT, Jasa Usaha Komunikasi, Programer, Analis Sistem, Administrator, Web desiner, Internet Service Provider, ICT Centre, mampu untuk menjadi entrepreneur bidang teknologi informasi dan komunikasi, dan dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
2.    Teknik Mekanik Otomotif
Lulusan program keahlian ini dibekali dengan kompetensi mekanik otomotif dalam ruang lingkup pekerjaan perbengkelan mesin otomotif. Sehingga dapat mengisi bidang pekerjaan teknisi dan mekanik bengkel otomotif (mobil/motor), Teknisi mesin di perusahaan (PT, CV, Pabrik), berwiraswasta bengkel otomotif (mobil, motor), dan dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
3.    Geologi Pertambangan
Lulusan program keahlian ini dibekali dengan kompetensi Tenaga Teknis Pertambangan, Pengawas Teknis bidang pertambangan, Tenaga survey lapangan bidang pertambangan, Tenaga teknis eksplorasi air tanah, dan entrepreaneur dibidang usaha pertambangan. Sehingga dapat mengisi bidang pekerjaan Perusahaan pertambangan (batubara, minyak bumi, emas, bahan tambang galian, dll), Perusahaan air minum dan pengolah air minum, Perusahaan jasa survey dan pemetaan lahan, usaha bahan tambang galian, dan dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Koleksi Photo Alumni SMK Negeri 4 Pandeglang
































3 komentar:

Raden Sastro mengatakan...

mana yang namanya dika damayanti??
yang kerja di PT. CSD??
mau liat donk..

Raden Sastro mengatakan...

ada yang namanya dika damayanti yang bkerja di PT. CSD?
berprestasi di PT tersebut.

Belajarajaoke mengatakan...

Ooo . . .
sorry nih gan, ane baru sempet buka blog kalo foto disini kaga jelas gan, gan lihat link ane aje yg di fb cari di pertemanan ada namanya Dika Damayanti